ANALISIS PEMASARAN DURIAN DI KAWASAN BOULEVARD MANADO
Abstrak
Durian (Durio zibethinus Murr.) merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia, dengan pusat keragaman di Pulau Kalimantan. Durian sudah dikenal di Asia Tenggara sejak abad 7 M. Di Indonesia, pada awalnya durian merupakan tanaman hutan Di kota Manado tepatnya di kawasan Boulevard Manado, menjadi salah satu tempat bagi para pedagang durian untuk berjualan buah durian. Kawasan Boulevard sudah terkenal sebagai tempat bagi para penikmat buah durian dikarenakan selain tempat akses yang mudah juga tempat berkumpulnya para pedagang dari beberapa daerah seperti dari Kabupataen Minahasa dan Bolaang Mongondow menjual buah durian di Kawasan Boulevard tersebut. Tujuan Penelitian Mengetahui factor-faktor dalam pemasaran buah durian yang ada di Kawasan Boulevard Manado, Mengetahui bagaimana pola jual beli pemasaran buah durian. Penelitian dilaksanakan di Kawasan Boulevard Kota Manado. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2021. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan pemasaran buah yang dilakukan oleh responden. Data-data yang diperoleh dari para pedagang buah durian yang ada di Kawasan Boulevard Manado pada saat penelitian berlangsung dan diolah menggunakan analisis SWOT. Adapun factor-faktor dalam pemasaran di Kawasan Boulevard yaitu Produk yang ditawarkan adalah Durian Lokal. Harga Pedagang yang terjangkau dan Tempat Durian dijual oleh pedagang durian di sepanjang pinggir jalan utama Kawasan Boulevard Manado. Matriks IFE, nilai skor faktor kekuatan dan faktor kelemahan yaitu 3,94, faktor kekuatan dan kelemahan Pemasaran Durian Di Kawasan Boulevard Manado berada pada posisi internal yang begitu kuat. Pada matriks EFE, faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 3,35 yang berarti Pemasaran Durian Di Kawasan Boulevard Manado tersebut dapat memanfaatkan dengan baik peluang yang ada dan dapat bertahan dari ancaman di pasar industrinya.